6 Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan dan Janin

Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan dan Janin
Mempunyai bayi yang terlahir sehat tentu saja menjadi dambaan setiap para ibu hamil. Kesehatan ibu hamil merupakan modal dasar dalam hal mencetak kader-kader penerus bangsa yang cerdas berprestasi dan juga mempunyai akhlak yang mulia tentunya. Banyak hal untuk Anda yang sedang hamil, Anda harus melalukan yang dapat membuat calon si buah hati Anda terlahir dengan sehat dan akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Kesehatan seorang ibu hamil ternyata sangat memiliki efek yang sangat besar terhadap calon buah hatinya. Untuk itu jika Anda menginginkan buah hati Anda terlahir sehat, Anda harus menjaga kesehatan. Berikut caranya mom:

1. Rutin memeriksakan diri kedokter kandungan

Anda dapat berkonsultasi mengenai kehamilan dan perkembangan janin pada dokter kandungan. Ahli medis ini juga akan memberikan berbagai pengetahuan seputar cara menjagakesehatan Anda dan janin, nutrisi ibu hamil yang diperlukan, hingga petunjuk aktivitas fisik yang aman. Dokter juga akan memeriksa kondisi kesehatan dan tekanan darah, serta mengukur berat badan.

2. Cukupi kebutuhan AsamFolat

Asam Folat berperan dalam melindungi janin dari risiko kelainan otak dan sumsum tulangbelakang. Anda membutuhkan Asam Folat sebanyak 400 mcg setiap harinya. Sumbermakanan yang mengandung Asam Folat adalah bayam, asparagus, brokoli, serta buahjeruk.

3. Asupan Nutrisi Gizi Yang Bagus

Menjaga pola makan dengan cara tetap memberikan dan juga mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan penuh dengan gizi nutrisi dan banyak kandungan vitaminnya akan banyak mendukung ibu hamil untuk tetap dalam keadaan fit dan sehat selama mengandung calon bayi dalam rahimnya. Makanan yang dikonsumsinya selalu harus senantiasa diupayakan memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna serta juga gizi yang seimbang diharapkan juga bagi ibu hamil. Hal ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah kematian ibu hamil yang disebabkan karena adanya anemia, atau pun perdarahan pasca melahirkan.

4. Lakukan olah raga

Bukan berarti seorang ibu hamil mereka tidak boleh berolah raga. Bagi ibu hamil olah raga juga sangat di butuhkan untuk kesehatan janin, karena dengan berolah raga maka janin yang ada dalam kandungan akan menjadi lebih relaxs dan mereka pun akan tumbuh dengan sehat. Buat olah raga ibu hamil sendiri mungkin memang sedikit berbeda dengan orang orang biasa. Bagi ibu hamil Anda dapat melakuakan beberapa olah raga seperti senam ibu hamil, yoga bahkan lari lari kecil di tanaman dengan pelan.

5. Waktu Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup dalam hal ini ibu hamil harus mendapatkan dan juga melakukannya. Karena seorang wanita hamil harus menjaga kesehatan janin yang berada di dalamnya. Bagi dapat memberikan kesehatan tubuh wanita hamil serta janin yang terdapat di dalamnya, maka istirahat merupakan langkah dan cara yang tepat karena dapat memberikan energi kembali setelah melakukan aktifitas yang melelahkan dalam kesehariannya.

6. Berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan tanpa anjuran dokter

Hindari sembarangan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, apabila Anda mengalamisakit seperti flu atau batuk. Mungkin saja obat-obatan tersebut berdampaknegatif bagi sang janin. Agar lebih aman, konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsiobat guna menjaga kesehatan dan petumbuhan janin.

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan dan Janin. Ibu hamil harus menerapkan hidup sehat yah. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan dan Janin"

Posting Komentar