Hilangkan Kecanduan Kafein Dengan Makanan Ini

Hilangkan Kecanduan Kafein Dengan Makanan
Hilangkan Kecanduan Kafein Dengan Makanan - Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah ‘kecanduan’ kafein. Sebenarnya mudah saja untuk mengetahui tanda kencanduan kafein. Jika bangun tidur di pagi hari yang kita pikirkan adalah secangkir kopi, lalu di siang hari kita juga mencari kopi, kemungkinan besar kita telah kecanduan kefein.

Belum banyak yang tahu bahwa kafein merupakan salah satu senyawa kimia yang dapat mengubah mood atau aspek emosi seseorang. Efek stimulasi ringannya dapat mempengaruhi sistem saraf sentral, membuat orang yang mengonsumsinya menjadi lebih awas, berenergi, dan tetap terjaga.

Kita bisa menemui kafein pada kopi, teh, soft drinks, minuman berenergi, bahkan dalam obat-obatan . Dalam porsi normal, mengonsumsi  8 ons cangkir kopi per hari masih dianggap baik. Bila terlalu banyak, dapat menyebabkan efek samping fisik seperti tremor atau gemetaran, rasa gelisah, insomnia, dan tubuh yang mendadak mengalami kelelahan ekstrem sesaat setelah efek kafein mereda.

Kafein termasuk salah satu senyawa yang bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf pusat. Setelah dikonsumsi, kafein akan diserap dari darah ke jaringan tubuh. Konsentrasi tertinggi kafein dalam plasma adalah 15-120 menit setelah kafein dicerna oleh tubuh. Kerja kafein berhubungan dengan kerja adenosin, suatu senyawa yang berfungsi sebagai neurotransmiter inhibitor dan dapat berikatan dengan reseptor yang terdapat di otak. Dalam kondisi normal, adenosin membantu proses tidur dan menekan aktivitas sistem saraf. Adenosin juga dapat melebarkan pembuluh darah di otak agar otak dapat menyerap banyak oksigen ketika tidur.

Di tubuh kita, sistem saraf melihat kafein mirip dengan adenosin sehingga kafein kemudian akan berikatan reseptor adenosin di otak. Tetapi kerja kafein bertolak belakang dengan kerja adenosin. Kafein akan menggunakan semua reseptor adenosin yang ada di otak sehingga sel-sel tubuh kita tidak lagi dapat mendeteksi adenosin. Hasilnya, kerja sel-sel tubuh akan menjadi lebih aktif karena tidak ada adenosin yang bersifat merelaksasi. Ini membuat otak menginterpretasi terjadi bahaya pada tubuh sehingga memicu dihasilkannya adrenalin, hormon yang bekerja dalam mekanisme “fight or flight”.

4 Makanan Yang Dapat Menhilangkan Kecanduan Kafein

Mengutip berbagai sumber, kafein sebenarnya bermanfaat baik untuk seseorang, terutama yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun, jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Agar tidak tergantung dengan kafein, Anda baiknya mencoba makanan-makanan ini:

#1. Yogurt
Ketika Anda mulai berhenti konsumsi kafein, efeknya adalah sembelit yang disebabkan sistem pencernaan tubuh telah terbiasa dengan diuretic dari kafein. Untuk mengatasi itu, Anda patut mencoba yogurt yang mengandung probiotik untuk mengatasi efek tidak konsumsi kafein.

#2. Telur
Telur termasuk makanan dengan kandungan gizi yang banyak. Sama seperti kafein, konsumsi telur, terutama pagi hari akan memberi Anda energi ekstra. Selain itu, telur juga mengandung protein khusus yang membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama.

#3. Daun Mint
Tak hanya sembelit saja efek dari berhenti konsumsi kafein. Pada tahap awal, Anda pun akan melewati fase sakit kepala yang hebat. Ketika ini terjadi, maka cobalah mengkonsumsi daun mint, terutama diseduh dengan air hangat untuk mengurangi efek sakit kepala.

#4. Kacang
Cobalah untuk menghindari kopi di pagi hari dan ganti dengan ngemil kacang-kacangan secara rutin hingga terbiasa. Selain itu, Anda akan memperoleh manfaat lain, yaitu kesehatan jantung karena kandungan omega 3 yang tinggi pada kacang-kacangan.

Untuk berhenti dari kondisi kecanduan kafein, kita perlu menyadari kadar kafein harian yang kita konsumsi sehari-hari dan banyaknya. Untuk efektifnya, sebaiknya jangan langsung hentikan konsumsi kafein dengan tidak mengonsumsinya sama sekali.

Demikian artikel kali ini mengenai menghilangkan kecanduan kafein dengan beberapa makanan yang telah disebutkan di atas. Untuk mencoba menghentikan ketergantungan terhadap kafein dapat dibutuhkan waktu yang lama, dibutuhkan kesabaran dan niat yang kuat. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hilangkan Kecanduan Kafein Dengan Makanan Ini"

Posting Komentar