Ketahui Manfaat Jus Jeruk Untuk Pembuluh Nadi

Manfaat Jus Jeruk Untuk Pembuluh Nadi
Manfaat Jus Jeruk Untuk Pembuluh Nadi - Arteri atau disebut juga pembuluh nadi merupakan pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Arteri harus dalam keadaan sehat, karena bila kesehatannya menurun dapat membuat kerja jantung anda menjadi lebih keras untuk memompa dan mengalirkannya keseluruh tubuh. Gangguan yang terjadi pada arteri ini disebabkan adanya plak dan timbunan lemak sehingga terjadi penyempitan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan arteri, salah satunya dengan mengkonsumsi jus buah. Jenis buah yang cukup baik untuk dijadikan jus yaitu jeruk.

Buah jeruk mengandung jumlah vitamin C cukup tinggi yang sangat baik untuk tubuh. Dalam sebuah studi selama 10 tahun yang dilakukan oleh para periset dari finlandia terhadap 2.419 pria usia setengah baya, menemukan bahwa pria dengan plasma vitamin C rendah paling rentan terkena stroke dibandingkan mereka dengan kadar vitamin C lebih tinggi dalam tubuhnya. Pria dengan berat badan lebih atau mereka dengan kandungan sedikit vitamin C dalam tubuhnya memiliki resiko 3 kali lebih tinggi terkena stroke.

Pengujian tersebut dilakukan dengan membagi para pria tersebut menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mendapatkan kurang dari setengah gelas jus jeruk / hari, atau kurang dari 40 mg vitamin C. Kelompok kedua mendapatkan vitamin C yang sama dengan 2 gelas jus jeruk atau sekitar 200 mg vitamin C.

Studi lainnya dilakukan di amerika yang hasil penelitiannya diterbitkan oleh Amerika Journal Of Clinical Nutrition pada tahun 2011. Dalam riset ini ditemukan fakta bahwa mengkonsumsi 2 cangkir jus jeruk setiap hari dapat menurunkan tekanan darah diastolik.

Manfaat Jus Jeruk Untuk Arteri 

Bermanfaatnya jus jeruk terhadap kesehatan tubuh terutama arteri dikarenakan vitamin C dalam buah jeruk bermanfaat untuk meminimalisir kerusakan arteri akibat radikal bebas, bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta membantu mengendalikan kolesterol tubuh. Zat antioksidan dalam buah jeruk juga bisa membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Tapi perlu anda ingat, dalam mengkonsumsi jus jeruk tentu ada beberapa aturan yang harus anda perhatikan antara lain :
  1. Jangan mengkonsumsi jus jeruk di pagi hari untuk menghindari sakit perut. 
  2. Jus bukan pengganti buah, dalam arti anda tetap perlu mengkonsumsi buah-buahan karena bermanfaat bagi lambung, ini dikarenakan pada proses mengunyah, lambung anda akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. 
  3. Ketika membuat jus jeruk, ampasnya jangan dibuang, karena dalam ampasnnya masih terdapat serat dan juga vitamin. 
  4. Jangan menyimpan jus jeruk terlalu lama, lebih baik langsung konsumsi. 
  5. Buah untuk jus usahakan buah yang masih segar.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Manfaat Jus Jeruk Untuk Pembuluh Nadi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui Manfaat Jus Jeruk Untuk Pembuluh Nadi"

Posting Komentar